Breaking News

Menolak Berhijab, Dicoret dari Timnas Catur Iran, Pecatur ini Memutuskan Beralih Status

Menolak Berhijab, Dicoret dari Timnas Catur Iran, Pecatur ini Memutuskan Beralih Status


TRIBUNNEWS.COM - Pecatur putri belia asal Iran memutuskan bergabung tim Amerika Serikat. Dia dinyatakan secara resmi sebagai anggota federasi catur di negeri Paman Sam setelah tujuh bulan dikeluarkan dari tim catur Iran.
Pecatur muda tersebut bernama Dorsa Derakhshani.
pic. google.com

Dorsa Derakhshani yang baru berusia 19 tahun itu menentang kebijakan Iran yang mewajibkan semua perempuan berhijab. Pecatur belia itu menolak berhijab saat tampil dalam salah satu turnamen internasional beberapa waktu lalu di wilayah Gibraltal.

Kebijakan mengenakan jilbab di Iran dimulai sejak Revolusi Islam pada 1979.
Sejak itu, semua wanita Iran diwajibkan untuk mengenakan jilbab di tempat umum, tidak terkecuali untuk para atlet.

Dilansir BolaSport.com dari First Post, Presiden Federasi CaturIran, Mehrdad Pahlevanzadeh memberi tanggapan terkait kepindahan Derakhshani. "Dorsa memang telah mengubah federasi nasionalnya menjadi Amerika Serikat. Kepindahan ini tidak lazim dilakukan oleh seorang pecatur," kata Pahlevanzadeh.
Pahlevanzadeh menambahkan Dorsa secara resmi bukan anggota tim catur nasional Iran. "Dia bermain untuk Iran hanya satu kali pada 2014," kata Pahlevanzadeh menjelaskan.

Saat ini, Dorsa Derakhshani telah dianugerahi gelar Women Grandmaster dan Master Internasional oleh Federasi Catur Dunia pada 2016. (Artikel ini telah tayang di BolaSport.com dengan judul Gara-gara Menolak Mengenakan Jilbab, Pecatur Cantik Ini Dilarang Masuk Timnas Catur Iran Hingga Akhirnya Memutuskan Pindah Negara)

dari: tribunnews

No comments